Minggu, 26 Oktober 2014

Tayan, Kalimantan Barat

Tayan Kite. Penggalan lagu "Tayan Permai" tersebut adalah sebuah gambaran bahwa kota Tayan memiliki sejuta pesona yang menarik salah satunya adalah banyaknya sungai yang mengalir disekitar kota.
Aktivitas Pemancinng (Photo : Deny Akbar)


Dengan keberadaan banyak sungai yang dianugerahi bagi kota Tayan tentunya membuat kota ini sempat terkenal dengan komoditasnya "Ikan Tayan" yang menjadi primadona, terutama jenis ikan air tawar.

Hasil Tangkapan Pemancing
Sebut saja sungai Kapuas yang membelah kota ini, dan juga sungai Tayan serta beberapa sungai lainnya, serta beberapa danau air tawar yang terdapat di sekitar tayan yang menjadi tempat menghasilkan ikan air tawar. Dalam menangkap ikan yang telah disediakan oleh alam masyarakat sekitar menggunakan berbagai cara dan alat seperti jala, pukat, seruak/bubu, pesat dan sudah pasti dengan cara memancing.

Tayan, surganya memancing ikan air tawar bagi para pemancing. Para pemancing tak hanya orang-orang lokal saja, tetapi tak jarang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Barat, seperti dari kota Pontianak. Banyaknya tempat memancing (spot) yang terdapat di Tayan tentu saja mengundang orang-orang yang memiliki kegemaran memancing untuk datang ke kota ini, berbagai jenis ikan air tawar menjadi incaran para pemancing.

Sensasi "strike" yang mengasyikan tentu saja membuat pemancing yang datang betah berlama-lama dengan aktivitasnya di berbagai tempat memancing di kota Tayan. Ada yang ingin mencoba? silahkan datang ke kota ini. 

trik memancing di tayan:
  1. pancing dapat di setting menggunakan pelampung maupun timah
  2. jarak dari mata kail ke pelampung/ timah sekitar 50-60 cm
  3. usahakan untuk menarik perhatian ikan. jorannya dimainkan pelan- pelan
  4. jika sudah mendapat ikan jangan langsung di tarik tetapi di tarik pelan pelan dan jangan biarkan tali mengendur

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar